Cara setting modem smart D1200P di linux

waduh…setelah lama mencari dan menanti akhir nya ketemu juga tutorial untuk mensetting modem smart D1200P di linux…..setelah saya download, saya lihat, saya baca, saya telaah dan saya pahami akhirnya saya dapat menyimpulkan bahwa terdapat 2 buah cara untuk mensetting modem smart D1200P, yaitu dengan wvdial dan satunya lagi dengan PON…

Nah apa bedanya dengan PON dan dengan wvdial……ini dia perbedaannya…

  1. Apabila kita memakai koneksi wvdial kelemahannya …terlebih dahulu kita harus memancing koneksi smart di jendela.. terlebih dahulu…setelah itu didiskonek baru bisa dipakai di linux, selain itu kelemahan yang kedua..apabila kita ingin diskonek dari linux settingan wvdial akan kacau balau lagi…sehingga hp harus direstart dan memancing koneksi dari jendela.. lagi…ribet banget ya….
  2. Apabila kita menggunakan PON, kelebihannya adalah….kita tidak usah ribet2 lagi konak konek ke jendela.. lagi….kita memancing di jendela.. hanya satu kali ,,,setelah konek maka kita bisa dengan leluasa mendiskonek, mengkonek, mendiskonek, mengkonek,,,gitu terus sampe hang……hahah….(becanda)….

Baiklah agar tidak terlalu lama maka ini dia tutorialnya untuk settingan memakai koneksi PON….

  1. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat allah SWT…hmmmmmm setelah itu baru kita buat 3 buah file yang terletak dalam direktori…  /etc/ppp/peers/smart, /etc/chatscripts/smart, /etc/chatscripts/disko

1. ….jangan diisi aneh aneh filenya…isi dengan tulisan dibawah ini……

$ sudo vi /etc/ppp/peers/smart

#

# /etc/ppp/peers/smart

#

hide-password

noauth

connect “/usr/sbin/chat -v -f /etc/chatscripts/smart”

disconnect “/usr/sbin/chat -v -f /etc/chatscripts/disko”

debug

ttyUSB0

460800

defaultroute

noipdefault

user “smart”

remotename smart

ipparam smart

crtscts

lock

usepeerdns

noaccomp

logfile “/tmp/pppd.log”

$ sudo vi /etc/chatscripts/smart

#

# /etc/chatscripts/smart

#

ABORT BUSY ABORT ‘NO CARRIER’ ABORT VOICE ABORT ‘NO DIALTONE’ ABORT ‘NO DIAL TONE’ ABORT ‘NO ANSWER’ ABORT DELAYED

” “\d\d+++\d\dATH”

‘OK’ “ATZ”

‘OK’ “ATZE0Q0V1”

‘OK’ “ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0”

‘OK’ “at+crm=1;+cmux=1;+cps=33;+cta=0”

OK-AT-OK “ATDT#777″

CONNECT \d\c

$ sudo vi /etc/chatscripts/disko

#

# /etc/chatscripts/disko

#

ABORT BUSY ABORT ‘NO CARRIER’ ABORT ERROR ABORT ‘NO DIALTONE’

” “\K”

” “\K”

” “\K”

” “\d\d+++\d\dATH”

  1. Ubahlah settingan kepemilikan smart….(biar gak ilegal..)

$ sudo chown root.dip /etc/ppp/peers/smart

$ sudo chown root.dip /etc/chatscripts/smart

$ sudo chown root.dip /etc/chatscripts/disko

  1. Modem smart anda sudah dapat digunakan dengan bijak, dengan syarat 50 menit pasti diskonek….hahah…nah untuk mencegah hal tersebut gantilah konfigurasi PPP (bukan nama partai) tapi file yang terletak di…

$ sudo gedit /etc/ppp/options

hapus ajah dulu dan isikan dengan yang berikut, atau pastikan hanya opsi opsi berikut yang ada di /etc/ppp/options

asyncmap 0

noauth

crtscts

modem

proxyarp

noipx

persist

idle 1000000

  1. Untuk kali ini modem smart sudah bisa dijalankan dengan mulus……2 perintah dibawah digunakan untuk menginisialisasi hardware baru dengan id yang dimiliki smart dan untuk melakukan koneksi pon

$ sudo modprobe usbserial vendor=0x15eb product=0x0001

$ sudo pon smart

  1. Ingat..untuk mematikan koneksi harus juga memakai perintah dibawah…., jangan langsung menutup terminal atau CTRL+C …(supaya bisa langsung memakai modem smart tanpa harus memancing di jendela….)

$ sudo poff -a

$ sudo rmmod -f usbserial

  1. Insya allah sekarang pemakaian modem smart anda di linux sudah lebih aman,terkendali, aktual , dan terpercaya….akan tetapi cobaan pasti akan selalu menyertai..apabila nantinya settingan di hp anda tiba2 trauble atau hp anda restart..otomatis setingannya juga berubah…..pokoknya intinya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sehingga menyebabkan anda tidak bisa konek dengan cara diatas…baik karena kesalahan anda , atau emang udah takdir…cara yang pasti bisa adalah pinjem komputer/laptop teman anda yang memakai OS jendela..kemudian lakukan koneksi dengan modem smart, setelah berhasil maka  diskonek modem smart anda….dan ulangi langkah 4 dan 5 diatas……

tutorial ini dikutip dari om dodolboks, skyisgrey terimakasih ….

About hurryupit06

biasa biasa aja kok, tetap datar........ dibilang jelek,....enggak dibilang cakep.......banyak yang bilang sich pkoknya aku asyik buat diajak bergaul disegala kalangan lah... tua muda aki bahkan bayi.... gak ada yang mau deket ama aku..... heee.... jusst for fun View all posts by hurryupit06

6 responses to “Cara setting modem smart D1200P di linux

  • wahyudi

    bagus, tapi saya mau tanya mas(newbie). saya pake OpenSUSE 11. (1) PON itu nama sofware? tapi saya cari di katalog koq ga ada klo wvdial memang ada tolong mas.. (2) ‘sudo chown root.dip /etc/ppp/peers/smart’ maksudnya user ROOT kalo ROOT.dip itu apa? (3) ‘modprobe usbserial vendor=0×15eb product=0×0001’ saya jalankan FATAL EROR invalid argument apa kernelnya harus dicompile ulang{tambah puyeng saya}

    sementara ini sekian dulu mas, maaf klo kebanyakan

    • hurryupit06

      maaf baru bales..PON itu bukan nama software…tapi smacem script untuk mengkomunikasikan linux dengan hardware smart..
      chown root.dip iya kurang lebih sperti itu…
      uda kamu pancing belum dari windows..untuk 1 kali dulu awalnya..😀
      maklum illegal ..dari smart center sndiri belum menyediakan soalnya..😀
      smoga bermanfaat ..

  • seloka

    seneng banget ada tutorial seperti ini. apakah ini bisa di gunakan di distro opensuse ???

    • hurryupit06

      maaf baru bales…
      hihi…aku nyobaknya di keluarga debian dll
      kayaknya sih bisa di smua distro..masalahnya ini script , jadi di run dimana aja insyaallah multidistro ..smoga bermanfaat

  • Hamzah

    Kocak tutorialnya. Mo nyoba di vectorlinux 5.9 niy (turunan slackware). Mudah2an hasil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: